UMKM Harus Manfaatkan Posko Perizinan di Polrestabes Medan

UMKM Harus Manfaatkan Posko Perizinan di Polrestabes Medan

Diposkan: 23 Apr 2018 Dibaca: 658 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), harus memanfaatkan posko perizinan di Polrestabes Medan.Sehingga masalah perizinan yang meresahkan, akibat aksi sweeping maupun pemerasan oknum polisi tidak lagi terulang.

“Dengan adanya keresahan teman-teman pelaku UMKM kemudian Polrestabes Medan membuka pos pelayanan informasi. Ini harus dimanfaatkan pelaku usaha yang ingin mengetahui perizinan apa saja terhadap UMKM,” ujar Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Surya Adinata yang mengadvokasi para pelaku UMKM menyikapi hadirkan posko pelayanan perizinan bagi UMKM ini, Senin(23/4/2018).

Kehadiran posko ini sebut harus direspon dan dimanfaatkan pelaku UMKM. Apalagi selama ini, tidak sedikit pelaku UMKM kurang mendapatkan sosialisasi tentang perzinanan.Bahkan ada juga yang kurang tahu tentang perizinan apa saja yang dibutuhkannya, termasuk apakah juga izin yang dimiliki sudah memenuhi atau belum.

“Nah, itu kan dibuka poskonya untuk mengakomodir keresahan teman-teman pelaku UMKM. Karena ada beberapa pelaku UMKM yang sebenarnya izinnya sudah lengkap tetapi masih saja dipermasalahkan dengan dalil yang seharusnya tidak bisa diterapkan pelaku UMKM,”ujarnya.

Surya mencontohkan kasus yang menimpa Elly pengusaha Nata De Coco, di kawasan Medan Labuhan, menjadi korban pemerasan oknum polisi hingga puluhan juta. Usaha industri rumah tangga tersebut sebenarnya, sudah memiliki kelengkapan izin, mulai dari Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), Izin Usaha Industri (IUI), Izin gangguan (Ho), Tanda daftar perusahaan (TDP). Namun karena ketidaktahuannya akan regulasi, ketika oknum polisi melakukan sweeping ke tempat usahanya, yang mempertanyakan PIRT miliknya dinilai illegal sebagai syarat izin edar. Saat itu, oknum polisi beralasan PIRT bukanlah izin edar, melainkan harus MD yang dikeluarkan Balai POM.

LBH Medan maupun Forda UKM Sumut yang mengadvokasi dan memfasilitasi pelaku UMKM ini siap untuk mendampingi UMKM ke Polresta Medan untuk pengurusan izin. Ketua Forda UKM Sumut, Lie Ho Pheng mengharapkan agar pelaku UKM yang belum memiliki izin untuk beramai-ramai mengurus izin biar lengkap. “Jadi kalau ada kesulitan untuk mengurus izin, kita bisa dampingi,”ujarnya.

Sebelumnya, Polrestabes Medan resmi membuka posko pelayanan untuk UMKM, Kamis (19/4) lalu di lantai 1 gedung Satreskrim. Kasatreskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha Prawira saat itu menyebutkan, posko yang didirikan tersebut untuk memberikan informasi kepada pelaku usaha dalam pengurusan izin UMKM. Posko ini nantinya akan ditempatkan personel Satreskrim dan instansi terkait seperti BPOM, Dinas Kesahatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya. (UKM01/ril)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved