SMP YPSA Kembangkan Penelitian Beras Analog dari Biji Durian

SMP YPSA Kembangkan Penelitian Beras Analog dari Biji Durian

Diposkan: 30 Nov 2019 Dibaca: 620 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Prestasi membanggakan dicatat pelajar SMP Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) dengan meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019.

Pelajar YPSA ini adalah Zachari Fitrahillah, M Hafizh Athallah Rinaldi, dan Shahira Syahriza yang mewakili Sumatra Utara dalam event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada 26-30 November 2019 di Jakarta.

Kepala SMP YPSA, Irsal Efendi mengatakan bahwa olimpiade ini menghadirkan 104 peneliti muda dari seluruh provinsi yang telah lulus naskah dari 875 siswa.

"SMP YPSA mampu meraih prestasi dengan mempresentasikan judul penelitan Pengembangan Beras Analog dari Biji Durian Sebagai Alternatif Sumber Pangan," jelasnya, Sabtu (30/11/2019).

Irsal mengatakan para juri ajang ini berasal dari Universitas Indonesia, Intitut Teknologi Bandung. "Juri melakukan penilaian dan tanya jawab terhadap tim perwakilan dari SMP YPSA. Para juri tersebut terkesan dengan ide dan sikap kritis dari tim YPSA. Serta memberi pesan kepada tim SMP YPSA untuk mengembangkan penelitian tersebut dan tetap semangat," jelasnya.

Dia berharap raihan prestasi yang dicapai ini dapat memberikan motivasi untuk pencapaian prestasi lainnya.

Guru peneliti dan pendamping tim SMP YPSA, Robi Cio mengungkapkan penampilan presentasi tertutup OPSI tim SMP YPSA mempresentasikan hasil penelitian  dan memperagakan memasak beras dari biji Durian serta meminta dewan juri untuk mencobanya. "Alhamdulillah ketiga dewan juri menyampaikan bahwa nasinya enak dan memberi tanggapan yang baik terhadap presentasi dari tim SMP YPSA," bebernya. (*/rel)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved