Pengurus HIKM Medan Dikukuhkan

Pengurus HIKM Medan Dikukuhkan
istimewa

Diposkan: 15 May 2019 Dibaca: 17 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Pengurus Himpunan Industri Kecil Menengah (HIKM) Kota Medan priode 2019-2022, dikukuhkan. Kehadiran wadah ini diharapkan dapat mendorong IKM semakin berdaya saing.

Hal ini diungkapkan Walikota Medan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan, Zulkifli Sitepu pada saat pengukuhan Pengurus Himpunan Industri Kecil Menengah (HIKM) Kota Medan priode 2019-2022 yang dirangkai dengan Gebyar IKM dan buka puasa bersama,  Senin (13/5/2019) dikawasan Jalan Sembada.

Kota Medan sebutnya, memiliki potensi IKM yang besar untuk bisa dikelola secara maksimal. Apalagi dengan jumlahnya mencapai 800 an IKM serta memiliki beragam produk yang dihasilkan. Apalagi diera potensi ekonomi digital saat ini, yang membuka pasar lebih luas bagi pelaku IKM yang memanfaatkan potensi bisnis online.

Salah satunya, momen Ramadan dan menyambut lebaran seperti saat ini, harus bisa dimanfaatkan pelaku IKM.  Sebab kebutuhan akan rumah tangga mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, Zulkifli berharap dengan dikukuhkannya pengurus HIKM ini kedepan produk IKM kedepannya semakin berdaya saing. “Kita harapkan dari sisi kuantitas semakin banyak, dan kualitas makin mantap. Karena sudah terbentuk HIKM ini, komunikasi akan menjadi lebih enak. Dengan komunikasi yang sudah bagus, jika ada informasi lebih cepat,”ujarnya.

Untuk diketahui kepengurusan HIKM priode 2019 - 2022, Ketua, Ir Suwito Sudarmo, Sekretaris, Farah Rodiah Rouni dan Bendahara, Erdawati Suwito, dengan Penasehat diantaranya, H Rusdi Lubis, H Zulkifli.

Secara terpisah Ketua HIKM Kota Medan, Suwito Sudarmo mengatakan Himpunan Industri Kecil Menengah yang baru Dikukuhkan ini berada dibawah naungan Dinas Perindustrian Kota Medan. Melalui wadah ini diharapkan dapat mendorong IKM semakin berdaya saing. 

“Mudah-mudahan dengan dibentuknya HIKM ini produk IKM semakin dikenal masyarakat. Selain itu HIKM juga dimungkinkan untuk menciptakan industri kecil yang baru untuk dijadikan yang lebih baik lagi,”ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melatih calon IKM yang belum memiliki skill dibidang produksi melalui HIKM.

"Selain itu, tujuan HIKM ini dibentuk juga untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah, instansi, BUMN yang ada di Medan dan Sumatera," imbuhnya.

Pasca dikukuhkan, Suwito menyebutkan untuk langkah awal pihak akan melakukan konsolidasi organisasi. Kemudian akan merekrut IKM baru untuk dilatih keterampilan dan manajemen. Sehingga menjadi pelaku usaha yang mandiri.

Untuk diketahui, Gebyar IKM yang digelar di Jalan Sembada ini, akan digelar dua selama dua pekan mulai 13 hingga 27 Mei 2019. Kegiatan ini selain menampilkan produk IKM, juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan fashion show serta demo masak. (rel)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved