Medan Istana Jambu, Wisata Plus Edukasi Menanam dan Memanen

Medan Istana Jambu, Wisata Plus Edukasi Menanam dan Memanen

Diposkan: 06 Jan 2019 Dibaca: 302 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Bingung mau berlibur kemana? Di Namorambe ada satu tempat selain bisa tempat berlibur, juga dapat mengenal berbagai jenis tanaman.

Tak hanya itu, di tempat ini pengunjung akan diajarkan bagaimana cara menanam dan memanen.

Agrowisata ini bernama Medan Istana Jambu terletak di Jalan Pembangunan No 77 Namorambe, Deliserdang. Agrowisata ini berdiri pada 11 November 2018 lalu, dengan tujuan agar masyarakat mengenal jenis jenis jambu air, jambu biji dan juga berbagai tanaman sayuran dan buah lainnya.

Selain itu, dengan dibukanya tempat ini dapat membantu warga sekitar untuk mendapatkan pekerjaan.

Manager Medan Istana Jambu, Very Ety May mengatakan  di lokasi tersebut terdapat jambu air jenis jambu tongsamsi dan jambu Taiwan Red. Untuk jambu gelutuk/ biji juga terdapat dua jenis yaitu jambu biji kristal dan mutiara.

Mengunjungi tempat ini, pengunjung harus membayar tiket masuk senilai Rp30 ribu dan langsung mendapat 2 voucher. Voucher bisa ditukar dengan jambu air dan satu botol minuman.

Selanjutnya pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memetik jambu sendiri dan hasil petikan bisa dibawa pulang dengan syarat harus ditimbang dulu dan setiap kilonya dihargai Rp50 ribu. Berlaku baik jambu air maupun jambu gelutuk nya.

"Disini pengunjung bisa memetik jambu sendiri, dan juga bisa makan ditempat. Tetapi harus ditimbang dan dibayar terlebih dahulu. Sekilonya terjangkau kok," katanya pada Sabtu (5/1/2019).

Dikatakan, di lahan seluas 2,3 Hektar ini tanaman yang dibudidayakan bukan hanya jambu melainkan juga ada tanaman lain seperti sayur-sayuran seperti kangkung, bayam,kacang panjang dan juga jenis buah-buahan lainnya .

"Tanaman disini memang dominan jambu air dan gelutuk namun ada juga tanaman lain. Setidaknya ada 12 jenis tanaman disini," ujar Very.

Di Agrowisata ini, pengunjung selain berwisata juga mendapatkan edukasi bagaimana menanam, memanen dan dikenalkan berbagai jenis tanaman. Sehingga Selian berwisata pengunjung pulang membawa hasil petikan dan juga ilmu bercocok tanam.

"Sejak tempat ini berdiri banyak juga anak sekolah mengunjungi tempat ini, biasanya datang bersama guru mereka dan disini mereka beraktivitas berkenalan dengan alam, tanaman, juga jenis dan bercocok tanam,pastinya mereka sangat gembira," paparnya lagi.

Sementara itu, fasilitas lainnya ada kolam renang dan juga play ground. Untuk menggunakan fasilitas ini bisa menggunakan voucher namun harus memilih apakah voucher diganti dengan jambu air atau digunakan untuk kolam renang. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 wib hingga pukul 18.00 WIB. Dan buka setiap hari.

"Meski baru, tempat ini sudah di gemari masyarakat pada umumnya datang dari Kota Medan dan Anak sekolah," tandasnya. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved