Lepaskan Status Karyawan di Perusahaan Swasta, Fitri Rintis Usaha Abon Mak Kido

Lepaskan Status Karyawan di Perusahaan Swasta, Fitri Rintis Usaha Abon Mak Kido

Diposkan: 04 May 2019 Dibaca: 38 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Fitri Wahyuni (32) warga Jalan Komplek Cendana Asri Blok C No 2 Sei Mencirim, Medan Sunggal rintis  usaha abon dengan brand Abon Mak Kido. Usaha  Abon Mak Kido  merupakan usaha memproduksi abon yang terbuat dari ayam,  sapi,  ikan dan dibuat secara home made.

Dikatakanya awalnya ia membuka usaha ini pada awal November tahun 2018, namun ia baru berani menjual abon rumahan itu pada bukan Desember 2018 lalu.

"Abon Mak Kido ini  dibuat asli dari bahan daging/ikan tanpa campuran tanpa msg dan pengawet, abon mulai dicoba awal November 2018, dan baru mulai dijual Desember 2018," jelasnya.

Dia menjelaskan merintis usaha ini ia keluar  dari pekerjaannya  di salah  satu perusahaan   swasta pada Oktober 2018 lalu, alasannya agar dekat dengan anak-anaknya yang masih kecil dan membutuhkan perhatian darinya. Kemudian ia pun mencari usaha yang tidak menyita waktu.

"Terus setelah resain saya  juga cari usaha yang nggak terlalu menyita waktu. Awalnya jual pizza,  sampai sekarang juga  masih,  tapi akhirnya saya lebih seneng fokus ke abon karena selain waktunya fleksibel, berbisnis abon ini juga menguntungkan  terutama saya bisa membuat makanan yg sehat buat anak-anak  saya," tuturnya.

Mengapa juga memilih usaha ini karena keluarganya juga suka mengkonsumsi abon. "Dulu kalo kerja kan suka keteteran buat sarapan, karna ada stok abon jadi simpel ringkas,  sehat," katanya lagi.

Wanita yang sudah memiliki 2 anak itu, mengatakan diawal pembuatan  abon ini ia bolak-balik mengalami kegagalan dalam memproses abon  ini, diakuinya  memang ia tidak  memiliki kemampuan khusus  dalam membuat abon."Pernah   masak 7 kilo gosong,  salah resep, rasanya tidak  cocok," paparnya.

 Namun ia tidak berhenti disitu, ia terus belajar untuk mendapatkan hasil yang terbaik." Saya terus belajar,  bertanya sama temen-teman, liat you tube,  ikut kelas, eksperimen, macem-macem lah usaha saya  sampe akhirnya dapat rasa yang pas," katanya.


 

Diakunya juga karena masih merintis jadi masih meraba untuk penjualannya,  jadi ia bekerja sama dengan mitra UKM lainnya.

"Produksi nggak setiap hari, biasanya seminggu sekali atau dua kali tergantung stok rata-rata perbulan masih 25 kg," ungkapnya lagi.


Wanita yang akrab disapa Fitri ini mengaku ingin sekali usaha ini bisa besar dan dapat  membuka lapangan pekerjaan.sedangkan   Impian jangka panjangnya dari dulu itu ia ingin menciptakan kampungnya menjadi sentra usaha abon supaya bisa sukses sama-sama.

Sementara itu, untuk harga  Abon ayam ukuran bruto 100 gram original Rp25.000, pedas Rp27.000, abon ikan ukuran bruto 100 gram original Rp27.000, pedas Rp29.000, abon ayam ukuran cup bruto 50 gram Rp15.000, pedas Rp17.000, abon ikan ukuran cup bruto 50 gram original Rp17.000 dan pedas Rp19.000. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved