Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pemerintah Siapkan 4 Langkah

Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pemerintah Siapkan 4 Langkah

Diposkan: 17 Apr 2018 Dibaca: 455 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih memantau kesiapan provinsi dan kabupaten/kota di Sumatera Utara menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018. Untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok (bapok) saat puasa dan lebaran, Kementrian Perdagangan (Kemendag) akan menerapkan empat langkah.

“Hasil pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) di minggu ke-2 April menunjukkan secara umum harga bapok relatif stabil bahkan cenderung turun bagi beras, daging ayam ras, daging sapi, minyak goreng kemasan, gula pasir, tepung terigu, dan cabe rawit,” ujar Karyanto dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2018/1439H, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Selasa (17/4/2018).

Pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku usaha sebutnya, perlu bekerja bersama-sama menerapkan langkah antisipasi dini untuk menjaga kecukupan pasokan dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok (bapok) bagi masyarakat, khususnya saat bulan puasa dan lebaran.

Kemendag akan menerapkan empat langkah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok saat puasa dan lebaran. Langkah-langkah tersebut adalah penguatan regulasi melalui penerbitan Permendag Nomor 27 Tahun 2017 tentang penetapan harga acuan pembelian di petani dan harga acuan pembelian di konsumen, serta Permendag Nomor 57 Tahun 2017 tentang penetapan harga eceran tertinggi (HET) beras.

Penguatan regulasi juga dilakukan lewat Permendag Nomor 20 Tahun 2017 tentang pendaftaran pelaku usaha distribusi bapok. Peraturan ini mengamanatkan bahwa setiap pelaku usaha distribusi yang memperdagangkan barang kebutuhan pokok wajib memiliki TDPUD BAPOK, meliputi distributor, subdistributor, dan agen. Pelaku usaha distribusi yang tidak mendaftarkan diri dan tidak melapor akan dikenakan sanksi.

Langkah selanjutnya adalah penatalaksanaan melalui rapat koordinasi HBKN 2018 di daerah. Rakorda akan dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia. Kemendag juga bersinergi dengan BUMN dan pelaku usaha untuk memastikan HET beras, minyak goreng kemasan sederhana, gula, dan daging terus diterapkan. Perum BULOG juga ditugaskan untuk melakukan operasi pasar beras medium untuk menambah pasokan di pasar.

Kemudian, langkah pemantauan dan pengawasan, yaitu eselon I Kemendag turun langsung dan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi, Dinas Perdagangan Kabupaten/Kota, serta Satgas Pangan. Langkah berikutnya, adalah upaya khusus melalui penetrasi pasar. Kemendag akan melakukan penetrasi ke pasar rakyat dan ritel modern menjelang lebaran untuk mengawal kelancaran pasokan bapok. (UKM01/ril)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved