Umat Islam Dianjurkan Jadi Pebisnis

Umat Islam Dianjurkan Jadi Pebisnis

Diposkan: 08 Dec 2017 Dibaca: 607 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN
Agama Islam sangat menganjurkan agar umatnya menjadi seorang enterpreneur, pebisnis dan saudagar kaya. Seperti yang dijalani Nabi Muhammad Saw sejak remaja, bahkan keluarganya juga saudagar kaya raya di Tanah Arab. Kekayaan Nabi Muhammad Saw juga terlihat saat melamar Siti Khadijah sebagai isteri dengan 20 ekor unta.

"Maka, ikutlah jejak Nabi Muhammad Saw sebagai seorang pebisnis atau pedagang,"ujar Ustadzah Hj Marlia, saat memberikan tausiyah pada Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw dilaksanakan Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI)  yang dirangkai dengan peluncuran apliksi FKMI berbasis bisnis bersama Compro, Senin (4/12/2017).

Ustadzah Marlia menyebutkan dengan berbisnis akan menjadikan umat Islam lebih maju dan berdaya saing, serta memiliki penghasilan yang mapan. Dengan begitu, umat akan mampu menjalankan kewajiban berzakat, berinfaq dan kewajiban lainnya. “Sebab tangan diatas lebih mulia dari tangan di bawah,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Marlia juga memaparkan sejumlah perniagaan yang dilarang dalam Islam. Seperti melakukan jual beli sesudah sholat Jumat. “Ini berlaku baik untuk laki-laki atau prempuan, karena mendengar khutbah hukumnya wajib. Jual beli beli digunakan untuk maksiat, jual beli tokoh menokoh, jual beli tidak boleh menggunakan dua harga,”ujarnya.

Sebagai seorang pebisnis sebutnya, harus menghindari hal tersebut, agar usahanya berkah. “Islam sangat mengatur jual beli. Kalau ingin kaya, kita harus berbisnis. Ketika jadi pebisnis, maka ikut ala Rasullah,”ujarnya seraya menambahkan ketika menjadi seorang muslim, jadilah muslim yang kaffah.

Dia juga menekankan pentingnya mencontoh sifat dan prilaku Nabi Muhammad. Seperti, sifat Nabi yang mampu menahan hawa nafsu, terutama untuk makanan. “Maka,orang yang mampu menekan nafsu makan mendorongnya untuk berpuasa sunnah dan lebih banyak bersedekah.Contohlah sifat Nabi Muhammad yang memanfaatkan hartanya untuk agama Allah. Jika saat ini umat Islam memiliki kekayaan dan kekuasaan, hendaklah ia menggunakan untuk menegakkan agama Allah,karena hal itu menjadi lebih baik sebagai tabungan di akhirat,"ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Komunikasi FKMI, Revita Lubis menyebutkan kegiatan Maulid Nabi Muhammad yang digelar ini sebagai sarana meningkatkan wawasan tentang kenabian Muhammad Saw, sekaligus mempererat silaturahmi. Selain itu,  FKMI sebagai organisasi muslimah,  sudah berkolaborasi dalam berbagai kegiatan, seperti untuk Rohingya, Palestina.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved