Kompetisi Jadi Tantangan Hadirkan Produk

Kompetisi Jadi Tantangan Hadirkan Produk

Diposkan: 05 Dec 2017 Dibaca: 394 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Ajang kompetisi ternyata bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk menciptakan produk sendiri. Seperti Irfan Pohan yang membuat minyak rambut produk rumahan berbahan baku tumbuhan dengan branding, Noire Pomade.

Diceritakan Irfan, sebelum menghadirkan produk rumahan ini, dia mengawali bisnis bersama rekannya dengan memasarkan minyak rambut yang diimport, dengan investasi Rp 10 juta.Keduanya yakin bisnis tersebut akan memiliki prospek yang begitu menjanjikan.

Mereka membidik pria berusia 12 hingga 55 tahun yang peduli dengan penampilan. Pertama kali memasarkan produk ini sebut Irfan dilakukannya dari pintu ke pintu. Bahkan pengujung di kafe pun dijadikan target, namun target penjualan tidak tercapai. Kemudian keduanya merubah strategi dengan memasarkan produk tersebut dengan mengunakan mobil.

Namun, hasilnya tidak memuaskan. Hingga akhirnya keduanya terpikir untuk mencoba memasarkan produk tersebut ke baber shop. Baber shop ini dinilai sebagai pasar potensial yang akan menggunakan produk tersebut. “Kemudian kita datangi baber shop, ada yang menerima meski banyak yang menolak. Tapi ada juga yang berani bayar cash,”ujarnya.

Memang akunya margin yang diperolehnya juga tipis. Namun, dengan perputaran uangnya, membuat keduanya optimis dengan bisnis tersebut. Hingga saat Irfan mengaku ikut kompetisi kewirausahaan, dia dituntut untuk memiliki produk sendiri. Inilah yang menjadi motivasi baginya untuk membuat produk sendiri. Disini dia melakukan try and error.

Percobaan yang dilakukannya selama satu bulan, cukup membuahkan hasil. Meski diawal tersebut produknya belum bisa sempurna. Dalam membuat produk tersebut,  Irfan mengaku  dibantu seorang temanya yang paham cara membuat minyak rambut ini.“ Selain itu, kita juga belajar dari internet,”ujarnya, hingga akhirnya produknya makin bagus. Sedangkan pemasarannya, produk rumahan ini selain di Sumatera Utara, juga Aceh. “Sebenarnya, sudah pernah kita pasarkan ke Jawa, namun kita kalah saing diharga,”tandasnya.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved