UKM Berbasis Sosial Didorong Bertumbuh

UKM Berbasis Sosial Didorong Bertumbuh

Diposkan: 17 Nov 2017 Dibaca: 278 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Usaha Kecil Menengah (UKM) didorong untuk terus bertumbuh. Tidak hanya sekedar bisnis konvensional, namun mengembangkan menjadi usaha usaha yang berbasis sosial. Sehingga bisa menjadi solusi atas persoalan sosial yang ada dilingkungannya.

Demikian diungkapkan Asisten Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Kewirasauhaan Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (K-UMKM) Republik Indonesia, Budi Mustofa, dalam pelatihan kewirausahaan sosial, Senin (13/11/2017).

Memang sebut Budi untuk acuan regulasi kewirausahaan hingga saat ini, masih dalam tahap rencana undang-undang yang akan dibahas di Pansus DPR Komisi VI. “ Dalam RUU Kewirausahan Nasional, kewirausahaan sosial menjadi salah satu bagian dari salah satu pasal. Jadi beda kewirausahaan dengan kewirausahaan sosial. Intinya bukan hanya untuk dirinya tapi lebih kepada lingkungan,”ujarnya.

Melalui kewirausahaan sosial ini sambung Budi, dapat menjadi solusi untuk pemecahan masalah sosial dilingkungannya. “Program ini, sebenarnya merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang digelar di tahun sebelumnya,”kata Budi karena ditahun 2016 lalu, sudah terbentuk tiga regional Kewirausahaan di Indonesia masing-masing, Medan, Jogja dan Bali.

Dengan even ini tambahnya diharapkan akan semain banyak terjaring pelaku kewirausahaan sosial. “Untuk mendorong tumbuhnya kewirausahan sosial yang lebih banyak,”ujarnya, salah satunya dengan memberikan pelatihan seperti saat ini dengan mengusung tema lebih ke e-commerce.

Tema tersebut sambungnya, penting untuk diulas. Karena ditengah era digital saat ini, pelaku usaha harus melirik peluang dari e-commerce sebagai pasar potensial. “ Tema ini, dipilih setelah dilakukan konsultasi. Ini salah satu permintaan teman-teman untuk peningkatan pengetahuan di bidang ecommerce. Ini upaya kemenkop untuk mendorong laju tumbuhnya kapasistas pelaku kewirausahaan sosial,”ujarnya.

Pihaknya mengaku terus mendorong tumbuh UKM dan kapasitas kewirausahaan sosial yang lebih banyak. Dalam kesempatan yang sama, Budi berharap para peserta pelatihan ini, serius untuk meningkatkan kapasitannya.Dalam kesempatan tersebut, Budi juga mengajak agar pelaku usaha untuk menggunakan aplikasi dalam memanajemen keuangan usahanya. Karena hal tersebut akan sangat membantu bagi pelaku usaha.(UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved