Penjahit Harus Update Mode

Penjahit Harus Update Mode

Diposkan: 22 Oct 2017 Dibaca: 433 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN
Penjahit didorong untuk senantiasa mengedepankan keahliannya dengan mengikuti perkembangan mode dan trend. Sehingga tidak terlindas ditengah arus globalisasi pasar bebas yang sudah berjalan satu tahun terakhir. Untuk itu, para penjahit diminta tidak hanya mengedepankan kursus menjahit semata. Namun juga belajar desain, sehingga memiliki kapasitas yang berdaya saing. 

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Penata Busana Indonesia (IPBI) Kartini,  Indra Bambang usai melantik pengurus IPBI Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sumut dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) 10 Kabupaten/Kota di Sumut priode 2017-2021, di Jalan Perjuangan, Jumat (10/2).

Untuk itu, melalui pelantikan ini Indra Bambang, mengatakan IPBI sebagai wadah pendidikan ditargetkan ikut  ambil bagidan dalam mengentaskan kemiskinan. Artinya, tujuannya pendidikan belajar untuk meningkatkan skill agar bisa bersaing dengan pasar bebas. “Kalau skillnya tidak
bagus nantinya akan tergilas produk import,”ujarnya.

Dengan wadah ini, sebutnya dia berharap kapasitas penjahit dapat ditingkatkan. Sehingga kedepannya, melalui organisisai ini bisa membuat pemetaan atau klaster produk. Semisal satu daerah memiliki produk unggulan tertentu seperti, busana muslim, atau busana kerja.

Ketua DPD IPBI Sumut, Hj Zulfi Zahara Nasution, menyebutkan menjahit menjadi profesi sangat prospek dan menjanjikan. Karena beragam hasil karya yang diciptakan seperti kebaya pengantin maupun wisuda, dihargai cukup tinggi. Disamping kursus menjahit yang cukup tinggi, dengan sistem pendidikannya per paket.

Sementara Ketua DPD IPBI Sumut priode sebelumnya, Serevina Harahap mengatakan, perkembangan mode yang sangat pesat, tidak sedikit masyarakat yang tertarik dengan  profesi menjahit ini meski memiliki pendidikan tinggi seperti sarjana. “Sekarang, meski sudah sarjana dan memiliki pendidikan tinggi  namun masih mau belajar. Ini membuktikan jika menjahit dibutuhkan masyarakat,”ujarnya.

Disisi lain, Ketua Panitia pelantikan, Widya Wati menyebutkan pelantikan ini selain pelantikan DPD Sumut dengan ketua, Hj Zulfi Zahara Nasution, disertai dengan pelantikan 10 kabupaten kota lainnya seperti Medan, Binjai, Pematang Siantar, Deliserdang, Tebingtinggi, Labusel, Langkat, Kabanjahe, Tanjungbalai dan Simalungun. Hadir dalam kesempatan tersebut,  perwakilan dari DP Paudni dan Diknas, Lisbet,  Kabid PLKP Dinas Pendidikan Sumut, Mawarni Talembanua dan sejumlah tamu dan undangan lainnya.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2024. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved