Fokus dan Terus Belajar Kunci Berwirausaha

Fokus dan Terus Belajar Kunci Berwirausaha

Diposkan: 18 Oct 2017 Dibaca: 317 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Banyak orang yang ingin berwirausaha namun tidak semua mau memulainya. Bahkan tidak sedikit yang sudah memulai kemudian terhenti, sebab minim pengetahuan serta sejumlah persoalan lainnya.

Entrepreneur muda, motivator wirausaha Alween Ong memberi pemahaman bagi wirausahawan pemula hal yang utama harus dipahami ketika ingin berwirausaha, tidak hanya sekedar jual dan beli saja.

“Wirausaha berbicara pada tatanan berbagi kebermanfaatan dan meraih keberkahan. Lalu, kunci berwirausaha itu adalah terus belajar, belajar, belajar tak berhenti serta berfokus pada usaha yang dirintis, dibarengi dengan tekad kuat dan menikmati proses,”ujar Alween.

Hal ini dipaparkannya saat menjadi pembicara pada Seminar Kewirausahaan dan Investasi dalam rangkaian kegiatan Pegadaian Goes to Campus saat menjadi narasumber dalam seminar sehari diadakan PT Pegadaian (Persero) bekerjasama dengan UISU dan UKM Center Sumut di Auditorium Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Jalan SM Raja Medan, Selasa (17/10)  yang dihadiri ratusan peserta.

Dalam berwirausaha sambung Alween ada tiga poin yang dapat dijadikan titik awal.“Yang pertama, wirausaha haruslah kreatif, agar mampu bersaing baik dalam bentuk produk, cara promosi, penetapan harga hingga membangun branding,” ujarnya.

Kemudian, bisa membangun usaha bersifat regenerasi, sustainable sehingga mampu diwariskan meskipun pada perjalanannya terjadi vipot (pergantian) dengan cara membangun sistem usaha itu sendiri.

“Dan yang ketiga, usaha yang dibentuk harus berorientasi pada kebermanfaatan sosial. Apapun usaha kita, tujuan utamanya adalah menjadi ladang amal, berbagi kebermanfaatan dan keberkahan,” paparnya.

Satu lagi, Alween memberi kunci kepada mahasiswa yang ingin membangun usaha, dengan prinsip 3B yakni Be the First, Be the Best dan Be Different.“Jika tidak mampu menjadi yang pertama, jadilah yang terbaik, jika belum mampu jadi yang terbaik jadilah yang berbeda,” urainya.

Sebelumnya Pembantu Rekor (PR) I UISU Dr Liesna Andriany, saat membuka seminar yang dihadiri Deputi Bisnis Area Medan 1 PT Pegadaian Suhadi, menyambut baik kegiatan yang digelar ini. Dia berharap kerjasama seperti ini terus berlanjut, bukan hanya dengan PT Pegadaian tapi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya.

Sementara Ketua UKM Center Sumut Deni Faisal Mirza mengatakan, pihaknya akan terus menggalang kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk mengadakan kegiatan seperti ini, guna membangun semangat kewirausahaan di lingkungan kampus. “Menumbuhkembangkan wirausaha di universitas akan lebih cepat bila dilakukan dengan kemitraan secara terpadu dan profesional, yang hasilnya akan terukur,”ujar Deni. ukm01

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved