Ibu Rumah Tangga Tidak Jadi Kendala Miliki Bisnis

Ibu Rumah Tangga Tidak Jadi Kendala Miliki Bisnis

Diposkan: 17 Oct 2017 Dibaca: 355 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Menjadi seorang ibu rumah tangga, bukanlah hambatan untuk mendapatkan penghasilan ‘sampingan’. Dengan kreatifitas dan semangat, hal ini ini bisa dilakukan siapa saja.Ini dibuktikan Rannie Lubis, Ditengah kesibukannya mengantar menjemput ketiga buah hatinya sekolah, masih mampu mengelola dan merintis usaha olahan ikan teri dan memasarkannya secara online.

Dituturkannya, ide ini sebenarnya berawal dari dari acara masak-masak untuk kebutuhan pengajian. Karena memang sudah menjadi tradisi setiap acara pengajian anggota membawa makanan.

“Kebetulan saat saya itu kebagian untuk lauk. Disinilah mulanya membuat ikan teri pedas manis. Ternyata pas dicoba, ada yang tertarik dan kemudian memesannya untuk oleh-oleh dan dijadikan menu untuk dibawa umroh,”ujar Rannie, baru-baru ini.

Dari ini, Rannie mengaku mulai menerima orderan. Kemudian hal ini terus berlanjut, hingga pesanan mencapai puluhan toples. Jumlah yang tidak sedikit bagi seorang pemula, namun karena tidak ingin mengecewakan kostumernya, orderan ini pun disanggupinya.

Meski masih terbilang baru, pengurus Komunitas Forum Muslimah Indonesia (FKMI) ini, mengaku semakin tertantang untuk mengembangkan usaha tersebut. Apalagi setelah dilihat, hasilnya semakin menjanjikan.

“Awalnya, ada rasa original dan pedas manis. Namun, pas melihat peluang pasar, kita hanya fokus dengan rasa pedas manis saja,”ujar Rannie yang baru merintis bisnis tersebut sekira delapan bulan terakhir, disaat harga bahan baku seperti cabai merah melambung dikisaran Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per kgnya.

Selain ikan teri pedas manis, dia juga membuat menu baru berupa sambal dendeng. Di bulan Ramadhan lalu sebut warga Jalan Setia Budi Pasar II Ringroad ini, sambal dendeng menjadi salah satu menu yang paling difavoritkan.

Hingga saat ini, Rannie mengaku banyak mendapat orderan dari luar pulau Sumatera seperti Bandung, Surabaya, Solo dan Jakarta. Selain itu, olahan akan ikan teri ini sudah menjadi buah tangan dan sampai ke berbagai negara di belahan dunia seperti Amerika, Astralia, Korea, Belanda, Paris, Newzeland dan Scotlandia.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved