Timun Aceh Jadi Favorit saat Ramadan

Timun Aceh Jadi Favorit saat Ramadan
Timun Aceh, foto : UKMKOTAMEDAN.COM

Diposkan: 03 Jun 2018 Dibaca: 914 kali


 


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Timun Aceh atau sering dikenal dengan timun suri ini terlihat banjir di setiap pasar tradisional Kota Medan. Ya, timun Aceh ini juga merupakan buah paling dicari saat Ramadan.

Karena pada Ramadan, buah yang satu ini gampang ditemui dan ramai dijajakan di pinggir-pinggir jalan kota Medan.

Tak heran pedagang timun Aceh ini juga laku keras karena untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Tiar, salah seorang penjual yang berlokasi di pinggir Jalan Tempuling mengatakan, buah ini memang banjir saat Ramadan saja, karena timun aceh ini hanya dipetik secara massal saat Ramadan saja.

"Kalo saya mengambil nya dari distributor langsung. Kalo pasokan utamanya dari Meulaboh," ucap Tiar, Minggu (3/6/2018).

Tiar menambahkan, buah yang juga dikenal dengan nama timun wah ini lumayan laku keras, pasalnya buah ini bisa diolah menjadi menu minuman favorit saat berbuka puasa. Selain itu, orang Medan juga mempercayai jika buah satu ini juga dapat dijadikan obat panas dalam, sariawan dan bibir pecah-pecah.

Untuk harga Tiar mengatakan bermacam-macam, sesuai ukursnnya. Untuk yang kecil Rp10.000 per biji dan yang bedar Rp15.000 per biji. “Buah ini langsung didatangkan dari Meulaboh,” terangnya.

Sementara, menurut Ahli Gizi dr. Dina Keumala Sari, M.Gizi., Sp.GK memang benar timun Aceh ini bisa mengatasi bibir pecah-pecah. Namun untuk mengatasi sariawan belum tentu.

“Untuk mengatasi kulit bibir kering atau pecah-pecah kira-kira 2 porsi per hari sehingga bisa terhindar dari bibir pecah-pecah saat puasa,” ujarnya. (UKM03)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved