Berawal Jadi Cabang Laundry Rekannya, Siti Meliza Kini Miliki 6 Outlet

 Berawal Jadi Cabang Laundry Rekannya, Siti Meliza Kini Miliki 6 Outlet

Diposkan: 03 Sep 2019 Dibaca: 190 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Kerja keras dan kemauan tinggi menjadi kunci sukses Siti Meliza Nasution (28) merintis usaha laundry yang kini telah memilik 6 cabang di Kota Binjai.

Awalnya, usaha warga Jalan Letnan Umar Bakhi Kelurahan Limau Mungkur Kecamatan Binjai Barat ini hanya sebagai cabang laundry bisnia milik rekannya.

Semuanya diperolehnya tak semudah membalikkan tangan, melainkan dengan kerja keras, niat dan keberanian dalam menjalankan bisnis yang ia beri nama Rumah Gosok Laundry.

"Usaha ini sudah berdiri  tiga tahun yang lalu, mulanya saya dulu  pernah menjadi cabang outlet milik teman saya. Setelah 1 tahun, saya buat rumah dan pindah. Saya stop menjadi cabang laundry dan saya mulai buka outlet laundry sendiri," jelasnya.

Setelah ia buka outlet, ia tetap mendapat support dari temannya bahkan selalu dimotivasi. Diakuinya saat ia membuka outlet, ia tidak memiliki modal banyak bahkan ia nekat membeli mesin cuci dengan cara mencicil. Sedangkan untuk kebutuhan laundry ia meminjam uang kepada orang tuanya.

"Setelah jalan 6 bulan saya membuka cabang 2 outlet, saya titip timbangan bon dan plang laundry di kedai-kedai  dan counter HP. Saya terapkan sistem bagi hasil yaitu 1000/kg ke pemilik kedai atau counter trsebut," katanya.

Ternyata sistem yang ia terapkan membuahkan hasil, di 2 outlet yang baru dibukanya orderan bisa mencapai 40 kg per harinya.

"Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, saya juga terapkan sistem delivery free. Jadi setiap hari saya jemput dan antar laundry langsung ke rumah pelanggan atau konsumen," katanya.

Ternyata sistem delivery juga tak kalah membantu usahanya mengembangkan sayap, saat ini total ia miliki 6 Outlet yang tersebar di Kota Binjai.

Adapun keistimewaan atau keunggulan laundry miliknya ia mengutamakan bersih, wangi, cepat, dan  rapi, itu juga karena saya gunakan setrika uap, pakaian jadi lebih rapi juga anti gosong," paparnya.

Ia juga menyampaikan, untuk tetap bertahan harus memiliki trik, yaitu harus  rajin delivery  dan jaga kualitas.

Untuk harga, wanita  kelahiran SM. Diski Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli serdang ini membandrol harga  Rp 6000/kg untuk laundry, Rp 4000/kg untuk  gosok, dan Rp 4000/kg untuk cuci saja.

Ia berharap bisa  menambah kebutuhan laundry dan  menambah cabang outlet lagi.


Dan dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa di bisnis ini ada suka dan duka yang ia alami.  "Sukanya alhamdulillah bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari, bisa membantu meringankan beban suami.

Sementara dukanya kalau lagi over load laundry selalu kewalahan saat menggosok karena masih memakai setrika uap 1 dan belum  ada pengering jadi suka kekurangan tempat jemur," tandasnya. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved