Berbakat Craft Sejak di Bangku Sekolah, Hilmi Sukses Miliki Usaha Paper Flower

Berbakat Craft Sejak di Bangku Sekolah,  Hilmi Sukses Miliki Usaha Paper Flower

Diposkan: 04 Jun 2019 Dibaca: 107 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Jangan meremehkan kreativitas meski itu di dapat saat di bangku sekolah. Jika jeli dan ditekuni, maka bisa menghasilkan rupiah.

Inilah yang ditekuni Hilmiyyaturrahmah (28)  warga jalan Hidayah I Mabar Hilir, Medan yang sukses membuka usaha paper flower atau bunga kertas karena ahli membuat kerajinan tangan saat masih duduk di bangku sekolah.

Imie_Craft (paper_flower_medan) yang dirintisnya sejak bulan Juli 2017 itu kini sukses mencuri perhatian para konsumennya. Paper flower buatannya bukan hanya bisa digunakan untuk souvernir wisuda juga bisa untuk dekorasi ruangan dan mempercantik kamar pengantin.


Diceritakanya kepada UKMKOTAMEDAN.COM, usaha ini berjalan sejak tahun 2017 lalu. Awalnya ia mempunyai keahlian dalam bidang craft saat ia masih duduk dibangku sekolah. Kemudian ia terus belajar dan terus mengembangkan bakatnya hingga saat duduk dibangku kuliah ia memberanikan diri untuk membuat segala jenis kerajinan tangan dan mulai mencoba memasarkannya.

"Usaha ini Alhamdulillah sudah berjalan dari  bulan Juli 2017 mulai merencanakan dan mulai terima orderan di bulan Agustus 2017. Awalnya saya alhamdulillah mempunyai keahlian dalam bidang craft, walau belum terlalu mahir. Dari  sekolah dulu sudah  belajar tentang craft, pas kuliah memberanikan membuat segala macam kerajinan tangan dan mencoba untuk  di pasarkan. Setelah tamat kuliah mencoba membuat buket bunga dan memasarkannya pada saat acara wisuda. Itu masih belum terlalu serius sampai pada akhirnya saya mencoba membuat brand sendiri Imie_Craft yang  di dalamnya saat ini fokus pada paper flower yang lagi hits untuk dekorasi simple namun mewah," jelas Hilmi.

Dikatakanya sejak awal  ia ingin fokus dalam pembuatan paper flower karena belum booming di Kota Medan. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan indah ia terus belajar.

"Saya  tertarik melihat bunga kertas jadi hiasan cantik ubtuk dekorasi sebuah acara, dan ini juga belum  terlalu booming di Medan. Perlahan saya belajar dari  youtube dan beli Ilmunya melalui Instagram yang berada di Jakarta atau belajar melalui online," ucapnya.

Untuk pemasaran bunga-bunga cantik karya buatan tangannya ini sejak awal hingga saat ini masih dipasarkan melalui media online seperti Instagram dan Facebook. Dimana untuk modal awal merintis usaha ini diakuinya ia mengeluarkan uang hanya Rp150 ribu.

"Dalam perhari saya bisa produksi 1 paket paper flower, khusus paper flower. Kalo buket 1 hari bisa produksi 5 buket sekaligus," paparnya.


Wanita berkulit putih dan sudahenjadi seorang ibu ini mengaku ada beberapa kendala dalam menjalankan usaha ini diantaranya terkendala dibahan baku.

"untuk saat ini kertas untuk  paper flower masih beli online dari Jakarta, sebenarnya saya ada stok beli banyak langsung tapi terkadang ada warna kertas  yang tidak sesuai pesanan konsumen jadi  harus order lagi dari jakarta yang  butuh waktu 3-5 hari. Padahal orderan harus segera di buat," keluhnya.

Untuk jenis bunga yang sering disebut buatnya yakni jenis bunga Rose sedangkan untuk buket jenis bunganya bervariasi.

"Untuk paper flower jenis bunganya lebih sering yang  Rose kaalau untuk buket jenis bunganya variasi karena buket bukan hanya bunga bisa juga dibuat untuk  snack jajanan, uang, flanel, dan boneka sesuai request konsumen," ungkapnya.

Sementara itu ia berharap kedepannya usahanya ini bisa lebih berkembang dan ide untuk membuat kreasi paper flower semakin beragam.

"Kalau Impian saya, kedepannya ingin membuka kelas pelatihan craft join sama teman yang hoby di bidang yang sama. Yang bisa bermanfaat juga untuk mereka yg ingin serius belajar terutama anak muda, supaya ada kegiatan positif yang di lakukan. Karena zaman sekarang ini masih banyak remaja yang belum tahu arah tujuannya kemana. Intinya usaha ini bisa sukses bukan untuk saya saja tapi untuk orang lain," tandasnya. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved