Kaya dari Dunia Maya

 Kaya dari Dunia Maya
An Nahal (kanan) bersama rekan-rekannya.

Diposkan: 16 Apr 2018 Dibaca: 264 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Tidak semua orang punya kesempatan atau tertarik dengan bisnis yang dianggap belum jelas hasiln. Seperti bisnis di dunia internet. Tapi tidak untuk pria bernama An Nahal, yang ternyata berkat belajar otodidak dan ketertarikannya di dunia IT memnjadi peluang menjanjikan baginya.

Alumni Ilmu Ekonomi Akuntansi UISU angkatan 2006 ini memiliki pekerjaan yang tidak pernah ia bayangkan pada 8 tahun yang lalu. Sebagai penyedia jasa Search Engine Optimization (SEO) atau dibahasakan berarti Optimisasi Mesin Pencari. Sebuah layanan dengan proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

”SEO adalah proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web tertentu atau halaman web mereka akan langsung melihat situs kitalah yang lebih dulu muncul di daftar hasil pencarian yang saat ini paling dikenal adalah google”, jelas An Nahal, saat ditemui di kantornya di Jalan Karya, Sei Agul Medan.

"Mulanya saya tertarik dengan dunia internet itu di 2009, saat itu pun masih mengandalkan warung internet untuk belajar, dan jaringan internet masih terdengar asing dikalangan kita," jelas suami dari Reni Juliani ini.

Waktu itupun Nahal masih sekadar bermain game dan memanfaatkan waktu malamnya untuk mencari kesenangan lewat game. Belakangan ia pun mulai tertarik dengan blog. Nahal sempat menjadi bloger untuk menarik pengguna internet mampir di halamannya. Blognya pun berisi seputar tutorial dunia internet dengan beragam minat. Bahkan ia sempat menjual soal-soal test psikotes dengan sistem barter pulsa.

Makin menyelami dunia internet Nahal pun berkenalan dengan SEO, sebagai seorang bloger, Nahal paham betul bahwa SEO menjadi satu indikator webnya banyak dikunjungi orang. Dari sini juga ia mendapat informasi kompetisi seputar SEO, beberapa kali mengikuti perlombaan coba ia pun akhirnya bisa berhasil menjadi juara. Dari sini juga namanya mulai dikenal dan dipercaya beberapa perusahaan untuk meningkatkan kinerja situs web mereka.

"Dengan bantuan mesin pencari web misalnya di Google, situs web akan berada di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin pencari. Dan ini sangat membantu satu perusahaan tertentu misalnya bergerak dibidang distributor produk, untuk meningkatkan penjualan mereka," jelas Nahal yang memutuskan fokus di dunia jasa SEO sejak 2010. (wina/UKM03)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved