Kaiu Indonesia, Furniture Kekinian

Kaiu Indonesia, Furniture Kekinian
Davi Lubis dan Yoga Aizeindra

Diposkan: 13 Apr 2018 Dibaca: 336 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Memanfaatkan media kayu untuk mengembangkan ide-ide kreatif tampaknya mulai menjangkit sebagian pelaku usaha industri kreatif. Kaiu Indonesia, yang diigawangi oleh  Davi Lubis dan Yoga Aizeindra ini juga mengusung kreatif dengan memanfaatkan media kayu. Ide yang bermula dengan memanfaatkan kayu limbah seperti palet diolah menjadi barang bermanfaat seperti meja labtop, laci ini dibantu oleh pengrajin kayu Umri Alfan.

Awalnya mereka sudah melihat perkembangan bisnis kreatif kayu di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung dan Jogjakarta.  "Ide awalnya kita mau coba jual sign board. Itu adalah papan pajangan yang diisi tulisan atau quotes-quotes. Biasanya banyak dipajang di cafe-cafe atau kamar. Dan pasar kita memang awalnya anak muda," jelas Davi, saat ditemui bersama kedua rekannya di workshop Kaiu Medan yang terletak di Gang Pasaman, Jalan Pasar X Tembung.

Kaiu Indonesia resmi mereka dirikan pada Maret 2016 lalu. Davi sendiri merupakan desainer produk-produk yang mereka hasilkan. Sedang Umri Alfan bertugas sebagai eksekutor atau teknisi mengolah kayu menjadi desain yang diinginkan dan Yoga bertugas sebagai marketing dan pemasaran. Untuk finishing produk ketiganya bisa terlibat seperti pengemasan atau pengecatan.

Bermodalkan Rp1,5 juta, mereka menyiapkan bahan penting seperti pallet kayu bekas yang didapatkan dari salah satu perusahaan kargo di Medan. Selain membeli bahan baku kayu, mereka menyiapkan beberapa alat yang masih tergolong sederhana. Tidak semua alat dibeli baru, kebetulan Umri Alfan sebelumnya memang sudah lama menggeluti dunia perabot Jepara.

Tapi melihat pasar masyarakat Medan yang belum antusias dengan produk awal mereka, Davi dan rekannya tidak kehilangan ide. Produk berikutnya yang mereka buat adalah miniatur ikon kota Medan. Dari bahan sederhana seperti kayu bekas, sumpit dan tusuk sate, aneka kayu ini tersusun rapi dan membentuk pajangan yang menarik. Dari produk pertama inilah akhirnya berkembang aneka produk lain seperti lampu hias unik, dan pelengkap meja belajar atau desk organizer. Belakangan muncullah aneka permintaan konsumen seperti gantungan baju, aneka pajangan, vas bunga, tempat tisu, tatakan gelas, meja laptop, lemari, rak sepatu dan yang paling unik adalah dasi kupu-kupu berbahan kayu.

Untuk mempromosikan produk mereka, Kaiu mempromosikan aneka produknya lewat sosmed, pameran dan testimoni teman-teman mereka. Pada beberapa waktu yang lalu Kaiu juga mengikuti ajang pameran Maker Fest, konsep bazar unik yang diselenggarakan oleh Tokopedia. "Antusias kita sih agar produk kita mudah dikenal dan di akses, sebab market place seperti ini memang selain memudahkan, juga menambah branding kita untuk bisa dikenal ke seluruh Indonesia," jelas Davi.  (wina/UKM03)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved