Demi Kesehatan, Warga Perumnas Mandala Kembangkan Aquaponik

Demi Kesehatan, Warga Perumnas Mandala Kembangkan Aquaponik

Diposkan: 07 Jan 2019 Dibaca: 133 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Banyak cara untuk memperoleh tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Seperti yang dilakukan oleh Warga Jalan Perumnas Mandala Medan ini, Joel Nababan. Lelaki paruh baya yang merupakan dosen di salah satu universitas swasta di Medan ini mengaku mengembangkan tanaman Aquaponik karena ingin menjaga kesehatan.

"Awalnya saya tertarik mengembangkan tanaman hidroponik namun setelah serching di channel YouTube saya tertarik dengan Aquaponik, karena selain bercocok tanam bisa juga sambil ternak ikan, jadi saya bisa ambil dua manfaat," katanya pada Senin, ( 7/1/2019).

Diakuinya ia sudah mengembangkan tanaman Aquaponik sejak 3 tahun lalu. Karena sangat bermanfaat bAgi keluarganya ia semangat meneruskan Aquaponik.

Hasil sayuran yang ia tanam dan ikan yang dikembangkannya masih sebatas konsumsi keluarga dan ia belum menjualnya karena menurutnya yang terpenting adalah hasilnya bisa dikonsumsi keluarga itu sudah sangat bagus.

Semua sayuran tanpa pestisida, jadi ia katakan sehat dikonsumsi. Ada tiga jenis sayuran yang ia kembangkan yakni kangkung, pakcoy dan Samhong. Sedangkan ikan yang dikembangkannya adalah jenis lele. Jadi ia dan keluarganya saat ini sudah mengkonsumi bahan makanan yang aman.

Joel juga mengatakan saat ini juga mengembangkan tanaman hidroponik di lahan atas bangunan rumahnya. Jadi semuanya ditanam bukan di lahan luas melainkan memanfaatkan bangunan kosong yang selama ini tidak termanfaatkan.

Karena Joel adalah seorang guru dan dosen, ia hanya memanfaatkan waktu kosong saja melakoni menjadi petani dipekarangan rumah.

Begitupun diakuinya hasilnya sudah lumayan. Ia merasakan banyak manfaat dari hidroponik dan aquaponik. Diantaranya ia menjadi hemat di ekonomi keluarga, dan ia beserta keluarganya terhindar dari pestisida berbahaya. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved