Tunaiku Salurkan Pinjaman Rp 1 Triliun

Tunaiku Salurkan Pinjaman Rp 1 Triliun

Diposkan: 14 Apr 2019 Dibaca: 15 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-PT Bank Amar Indonesia atau biasa disebut Amar Bank melalui produk financial technology (fintech) Tunaiku,  menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 1 triliun di Indonesia. Dengan penerima manfaat hampir mencapai 200 ribu pengguna.

Director Amar Bank Vishal Tulsian dalam siaran persnya, Sabtu (13/4/2019) mengatakan produk perbankan dalam bentuk aplikasi mobile apps yang diluncurkan sejak tahun 2014 itu, sangat membantu masyarakat yang belum terjangkau akses layanan keuangan.

Hingga saat ini, aplikasi Tunaiku sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna di Indonesia. Sedangkan  besaran dana pinjaman yang diberikan bervariasi mulai Rp 2 hingga 20 juta dalam jangka waktu peminjaman 6 bulan hingga  20 bulan.

Terkait inklusi keuangan dan literasi keuangan, Vishal memaparkan lebih lanjut, Amar Bank melalui Tunaiku tidak hanya mempemudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan, inklusi keuangan, tetapi juga mendorong masyarakat untuk lebih melek keuangan, financial literacy.

Langkah Amar Bank adalah dengan melakukan riset secara informal ke nasabah agar lebih memahami kebutuhan akan informasi keuangan yang dibutuhkan nasabah sehingga melek keuangan.

Riset informal ini dilakukan secara aktif dengan bertanya pada nasabah, bagaimana mereka dapat lebih memahami layanan keuangan dan membantu mereka mengelola keuangan. Dari hasil riset tersebut, Amar Bank menemukan bahwa literasi keuangan perlu dibuat agar mudah dimengerti dan juga menarik untuk diakses oleh masyarakat.

“Kami juga mengadakan kelas Swara Online dengan beragam tema sesuai dengan minat nasabah Tunaiku, seperti  ‘Menikah on budget’, ‘Bagaimana menyisihkan untuk dana darurat?’, ‘Bisnis: yang muda yang merintis’ dengan jumlah audiens mencapai 400-500 orang per sessions,”ujarnya.

Selain itu, dalam setiap transaksi peminjaman, pihaknya memberikan penjelasan mengenai hak dan kewajiban peminjam, termasuk di dalamnya mengenai denda keterlambatan. (UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved