Harga Ikan di Pasar Tradisional Medan Mengalami Penurunan

Harga Ikan di Pasar Tradisional  Medan Mengalami Penurunan

Diposkan: 12 Apr 2019 Dibaca: 16 kali


 

UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-  Harga ikan segar di pasar tradisional di Medan mengalami penurunan dibandingkan pekan lalu. Pantauan di Pajak Ikan Pusat Pasar Medan pada Kamis (11/4/2019)  ikan-ikan segar yang mengalami penurunan itu adalah ikan jenis dencis, tongkol, gembung, dan ikan pari.

Salah seorang pedagang, Edito mengatakan untuk harga Ikan dencis saat ini berada dikisaran harga Rp10 ribu/kg  padahal pekan lalu mencapai Rp 20 ribu/kg sampai Rp 30 ribu/kg. Untuk harga ikan gembung Rp20 ribu sebelumnya Rp30 ribu, sedangkan Ikan pari hanya Rp 23 ribu/kg sampai Rp24 ribu/kg.

Dito mengatakan penurunan harga ikan ini sudah terjadi sejak seminggu lalu. Ia mengaku disebabkan banyaknya hasil tangkapan nelayan atau stok sedang banyak.

"Penurunan sudah seminggu ini terjadi. Ikan kami ini dari Belawan, Aceh, dan Sibolga. Semua kota itu sedang banjir hasil tangkapannya," ujarnya.

Namun meskipun harga ikan murah, daya beli masyarakat tidak ada menunjukkan kenaikan malah hampir sebulan sudah jumlah pembeli sangat turun. Sehingga ia mengaku jika ikan miliknya tidak laku terpaksa dibekukan atau di es dan dijual dengan harga murah agar tidak merugi.


Sama halnya yang dikatakan Sulaiman, harga ikan sudah turun sejak seminggu belakangan tetapi itu terjadi pada ikan-ikan kecil dan sedang. Tetapi jika ikan kakap, atau jenis ikan besar lainnya diakuinya masih bertahan standard.

"Ikan besar yang biasanya mahal ya masih mahal juga, tapi kayak ikan dingin, dencis, tongkol, juga pari bahkan gembung turun," katanya.

Terkait sepinya pembeli, Sulaiman juga tidak membantah karena ia sangat merasakan pembeli kian mengalami penurunan. Ia memprediksi selain daya beli juga disebabkan mahalnya harga parkir untuk masuk ke pusat pasar sehingga masyarakat lebih memilih berbelanja di luar pasar seperti dikawasan gedung RRI Medan dan dikawasan belakang pusat pasar Medan. Dikatakan untuk parkir mobil saja dikenakan Rp 5000/jam sedangkan untuk kendaraan roda dua Rp3 ribu. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved