Danau Toba Masuk Dalam Pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas

Danau Toba Masuk Dalam Pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas

Diposkan: 10 Sep 2019 Dibaca: 27 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA- Kementerian Pariwisata akan menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) III. Kali ini membahas pengembangan 5 destinasi super prioritas, yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Kelimanya, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang. Pengembangan daerah ini, ditarget rampung tahun 2020 terutama infrastruktur.

Dilansir dari laman kemenpar, Selasa (10/9/2019) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Rakornas kali ini akan dihadiri beberapa Kementerian/Lembaga terkait mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BAPPENAS, dan BEKRAF.

“Ada beberapa pembahasan, mulai dari pengintegrasian dukungan Kementerian/Lembaga dalam pengembangan destinasi pariwisata super prioritas. Selanjutnya bagaimana strategi pengembangannya, ada juga program Quick Wins 2019 dan rencana pengembangan destinasi pariwisata super prioritas 2020,” katanya.

Kemudian, ada pula pembahasan mengenai dukungan aksesibilitas dan konektivitas serta pembahasan mengenai Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Danau Toba, Borobudur dan Mandalika.

Peningkatan daya saing SDM, masyarakat dan industri pariwisata pun akan didiskusikan. Diharapkan hasilnya berupa rencana aksi kegiatan dan penganggaran peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing industri (SMI).

“Yang terakhir adalah promosi atau pemasaran dengan penganggaran peningkatan promosi pariwisata dengan cara Branding, Advertising dan Selling (BAS),” katanya.

Adapun progres yang telah dicapai, berdirinya The Kaldera - Toba Nomadic Escape di Lahan Zona Otorita Kabupaten Toba Samosir.

Sementara itu,  untuk mendorong perkembangan wisata di Borobudur, pemerintah membangun Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. Per Oktober 2019, bandara ini telah melayani 66 penerbangan dengan kapasitas bandara mencapai 3 juta penumpang.

Adapun untuk destinasi Mandalika, proses pengukuran topografi dan konstruksi untuk pembangunan Sirkuit Moto GP akan dimulai pada Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada 2020. Semangat pembangunan juga tercermin di destinasi Labuan Bajo di mana saat ini telah mencapai tahap finalisasi pembangunan hotel, marina, area komersial dan pelabuhan ferry.

Pada Oktober mendatang, pemerintah menargetkan percepatan penetapan Peraturan Pemerintah (PP) perihal KEK Pariwisata Likupang yang telah disepakati pada 27 Agustus 2019 lalu. (*/kemenpar)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved