Bikin Konsumen Serasa di Korea, Kim Yong Mo Hadirkan Kafe di Medan

Bikin Konsumen Serasa di Korea, Kim Yong Mo Hadirkan Kafe di Medan

Diposkan: 13 Apr 2019 Dibaca: 128 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Membangun usaha kuliner menjadi pilihan pria asal Korea ini. Meski sudah berpindah-pindah di sejumlah daerah di Indonesia, usaha ini tetap menjadi pilihannya.  

Kim Yong mo, (53) suami dari Yemima Tarigan ini membangun usaha kuliner diawali dari kota Bogor. Di kota hujan ini ia merintis usaha kafe mengusung konsep Bir Garden. Usaha itu dimulainya pada tahun 2016 dan berakhir 2017.

Akhirnya pria yang berparas lebih muda dari usianya itu pindah ke Medan dan membangun kembali bisnis yang masih dibidang kuliner.

"Di Indonesia saya  sudah menetap selama  7 tahun. Tetapi di Kota Medan baru 2 bulan. Sebelumnya saya  tinggal di Bogor, Semarang, Bintaro dan Jawa. Sebelumya saya juga punya kafe di Bogor karena istri saya orang Medan dia selalu minta pindah ke Medan akhirnya saya ikut," jelasnya.

Kebutuhan hidup terus berlangsung dan ia bersama dengan istrinya harus mencari peluang pekerjaan untuk tinggal di Kota Medan. Karena hobinya dibidang kuliner akhirnya ia memutuskan membuka kafe berkonsep sajian makanan Korea dengan brand 'Mannan Korean Grill' yang terletak di jalan Karya Wisata Medan.


"Karena harus butuh rezeki tidak bisa hanya diam atau bermain saja. Jadi saat saya datang ke Medan saya langsung mencari tempat," katanya.
 
Dijelaskanya memilih brand dengan nama Manan artinya bertemu atau enak. Jadi dua dua bisa diartikan  tergantung pengunjung maju mengartikannya apa Sesuai situasi hatinya.

Keistimewaan kafenya ini adalah para tamu disambut dengan ucapan selamat datang dengan bahasa Korea "Annyong haseyo". Sehingga pengunjung benar-benar merasakan sedang di Korea. Dan para pengunjung memasak makanannya sendiri di atas meja yang sudah disiapkan alat masak lengkap.

Menunya mulai daging sapi, ayam dan juga udang serta rumput laut. Sensasi menikmati makanan Korea makin terasa ketika menu mulai di-mix dengan aneka saos handmade yang rasanya pastinya di sesuaikan dengan lidah orang Medan.


"Menunya sapi dan ayam. Untuk sapi ada 4 macam masakan. Untuk yang mentah pelanggannya ambil sendiri dan masak sendiri. Ayam satu macam. Ada udang dan sate sapi dan sate sayur (brokoli dan paprika) dan sup rumput laut. Bahan baku dari Indonesia hanya sapi saja yang dari Australia," ungkapnya lagi.


Diakui pria yang hanya mau dipanggil ahjusi (paman) ini merintis usaha di Medan ia terkendala dengan pemilihan lokasi atau tempat. Sebab ia menginginkan tempat yang ia pilih harus sesuai dengan pangsa pasar kafe Koreanya.

"Memilih tempat saya dibantu oleh mertua saya, kalau sayakan baru di Medan jadi kurang paham kawasan mana yang potensial untuk usaha baru saya ini," katanya.

Dan ia menargetkan dalam 2 tahun di Medan harus bisa buka cabang. "Target buka di Medan dalam waktu 2 tahun saya berkeinginan membuka cabang di Medan. Konsepnya sama tetapi menu sapi akan digantikan dengan daging babi. Karena saya  sudah mensurvey lokasinya didominasi oleh masyarakat beragama Kristen. Sayangnya saya lupa nama alamatnya," kata Kim yang mengaku belum menikmati wisata di Medan karena terlalu sibuk dengan bisnis barunya itu.

Untuk menikmati menu-menu Korea di Mannan Korean Grill perorangnya hanya dibandrol Rp99 ribu makan sepuasnya. Dan ditegaskanya sajian di Mannan halal karena hanya ada menu sapi dan ayam. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved